Home / Berita / PKM KELOMPOK GURU ; PROMKES PERILAKU CERDIK UNTUK PENCEGAHAN KANKER

PKM KELOMPOK GURU ; PROMKES PERILAKU CERDIK UNTUK PENCEGAHAN KANKER

Kanker merupakan salah satu penyakit yang menjadi penyebab kematian utama di seluruh dunia, dimana kanker sebagai penyebab kematian nomor 2 di dunia sebesar 13% setelah penyakit kardiovaskular. Setiap tahun, 12 juta orang di dunia menderita kanker dan 7,6 juta diantaranya meninggal dunia.

AKPER Widya Husada mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kewaspadaan dan pengetahuan mengenai penyakit kanker, serta menggerakkan masyarakat untuk melakukan upaya pencegahan, deteksi dini dan pengobatan terhadap penyakit kanker. Pengenalan penyakit kanker merupakan hal yang penting untuk dilakukan karena untuk menurunkan kasus baru kanker diperlukan tindakan pencegahan dan deteksi dini. Tim Pelaksana Pengabdian masyarakat terdiri 3 dosen AKPER Widya Husada yaitu Dyah Restuning P. (Ketua), Maulidta K.W (Anggota) , Endang Supriyanti (Anggota), dan melibatkan 2 orang mahasiswa.

Kegiatan pengabdian masyarakat diberikan kepada para guru Taman Kanak-kanak dan Kelompok Bermain Islam Terpadu Bina Amal. Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini dilaksanakan mulai  1 September – November 2019. peningkatan upaya promotif dan preventif untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kanker dan pengembangan upaya deteksi dini dalam rangka menurunkan angka kematian akibat kanker.  Metode yang digunakan adalah Promosi kesehatan. Kegiatan promkes ini diharapkan untuk membantu mengatasi permasalahan yang ada pada Mitra, adalah serangkaian kegiatan mulai dari penyuluhan tentang kewaspadaan dini terhadap penyakit kanker, dilanjutkan Pelatihan pengukuran tekanan darah kepada guru dan pendampingan. Kerjasama yang solid dari tim pelaksana pengabdian masyarakat dari mulai kegiatan persiapan kegiatan, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan mendapatkan dukungan kepala Sekolah Taman Kanak-kanak dan Kelompok Bermain Islam Terpadu Bina Amal  melalui pemberian ijin untuk melaksanakan kegiatan. Selama pelaksanaan pengabdian, para guru antusias mengikuti jalannya pengabdian masyarakat dan kooperatif mendemonstrasikan pengukuran tekanan darah.

Check Also

Kegiatan Character Building

Kegiatan Character Building dengan tujuan Menghasilkan mahasiswa yang disiplin, berprestasi, dan bekerja cerdas. Kegiatan ini …