Dalam pengembangan budaya pelayanan keperawatan prima, Gultom (2006) mengembangkan pelayanan keperawatan priama dengan menyelaraskan faktor-faktor. Ability (kemampuan), Attitude (sikap), Appearance (penampilan), Attention (perhatian), Action (tindakan), Accountability (tanggung jawab).
Pelayanan keperawatan prima adalah pelayanan keperawatan profesional yang memiliki mutu, kualitas, bersifat efektif, efisien sehingga memberikan kepuasan pada kebutuhan dan keinginan lebih dari yang diharapkan pelanggan atau pasien.
kegiatan service excellent and beauty class yang diselenggarakan oleh AKPER Widya Husada Semarang
Pembicara: Bonita D.Sampurno
Dan bekerjasama dengan Latulipe pada tanggal 9 september 2016 di kampus AKPER Widya Husada Semarang.
Tujuan dari kegiatan ini agar mahasiswa memiliki kemampuan untuk berempati kepada orang lain dan memiliki rasa kasih sayang, cinta kasih dalam melakukan tindakan keperawatan pada pasien dan mampu berkomunikasi secara teraupeutik kepada pasien.