Kegiatan Soft skill dan Beauty class Mahasiswa AKPER Widya Husada

Soft skill merupakan kompetensi non akademik yang menjadi modal seseorang agar dapat mencapai kesuksesan dalam karier serta lebih berhasil dan berfungsi dalam kehidupan bermasyarakat. Kegiatan pengembangan soft skills bagi mahasiswa merupakan hal yang sangat penting guna menghasilkan lulusan yang baik, tidak hanya dari segi hard skill tetapi juga soft skills, sehingga lulusan dapat diterima di RS, Klinik ataupun mampu berwirausaha. Oleh karena itu, kegiatan ini perlu direncanakan dan terintergrasi secara kurikuler, sehingga program-program seperti ini dapat berlanjut dan berjalan dengan lebih baik. Namun dalam proses pengembangan soft skills juga perlu memperhatikan tingkat penguasaan awal terhadap atribut-atribut soft skills dari mahasiswa, sehingga program-program yang akan dilaksanakan dapat lebih terarah sesuai dengan prioritas yang ingin dikembangkan. Kemampuan bekerja sama dalam tim merupakan salah satu elemen soft skills yang mencakup:

(1) kemampuan untuk membangun hubungan, berinteraksi dan bekerja secara efektif dengan lainnya,

(2) kemampuan untuk memahami dan berperan sebagai pemimpin dan anggota,

(3) kemampuan untuk memahami, menghargai dan menghormati prilaku, pemahaman dan keyakinan orang lain,

(4) kemampuan untuk memberikan kontribusi terhadap perencanaan dan mengkoordinasikan kerja group dan

(5) bertanggungjawab terhadap keputusan group.


Bentuk Implementasi dari visi prodi DIII Keperawatan AKPER Widaya Husada mengadakan kegiatan Soft skill pada tanggal 27 Februari 2019 di hotel Siliwangi, Semarang dengan pembicara Muhtar Wijaya dengan tema “Becoming Magnet of Wealth”.

Selain kegiatan soft skill, juga diadakan beauty classSoft and Sweet Natural Look” bekerjasama dengan Wardah Cosmetik. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa AKPER Widaya Husada.