Home / Question / Gedung Eks Akper Murakata Difungsikan untuk Rumah Singgah ODP di HST

Gedung Eks Akper Murakata Difungsikan untuk Rumah Singgah ODP di HST

FORUMCategory: Tentang AKPERGedung Eks Akper Murakata Difungsikan untuk Rumah Singgah ODP di HST
Hasanudin asked 4 months ago

Dipilihnya eks Gedung Akper Murakata sebagai tempat tinggal singgah ODP pada HST bukan tanpa alasan. Selain ruangan yg tersedia, pada sana jua sudah tersedia loka tidur.

Pasalnya gedung eks Akper Murakata ini per 2019 lalu digunakan menjadi Gedung Diklat Badan Kepegawaian Daerah & Pengembangan Sumber Daya Manusi.

Pembuatan rumah singgah bagi ODP ini dari instruksi Ketua Tim Gugus Pencegahan Penanganan dan Pengendalian Covid-19, A Chairansyah. Bahkan, rencananya tempat tinggal singgah ditargetkan dapat digunakan secepatnya.

Rencananya, ruang isolasi ini bakal menampung cluster Gowa yang dinyatakan ODP.

Tercatat ada 10 kamar dengan satu bed. Serta delapan kamar menggunakan dua bed. Selain disediakan kasur, pada takbiran idul fitri sana jua disediakan kipas angin, televisi 20 inc, penjemur pakaian, meja makan, lemari, dan fasilitas wifi.

Selain itu pada sana pula terdapat 13 kamar mandi.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan HST, Husnawati, berkata bila pada dalam tempat tinggal singgah akan ada 16 CCTV.

Setiap harinya akan ada dua orang perawat yang berjaga menggunakan tiga sift dan satu dokter on call.

"Jadi kalau ada keluhan baru dokter akan datang dan mendiagnosa. Apakah perlu perawatan pada tempat tinggal sakit atau nir," bebernya.

Menurutnya, wifi dan TV kabel disediakan supaya ODP nir bosan. Bahkan, penyediaan TV satu kamar satu. Itu adalah OPD tidak boleh nonton TV bersama buat menghindari adanya penularan.

"Semua dijaga CCTV. Jadi kalau ada kumpul-kumpul kami beri tahu. Di sini terdapat pengeras suaranya. Ini masih kami persiapkan rencananya satu ruangan akan kami sekat jadi tiga kamar menjadi cadangan. Persiapan sejauh ini semenjak Kamis pekan kemudian" katanya.